MEDIA19 dot ID

Ajeg Bali untuk Indonesia

Piodalan Saat Pandemi, Pura Dasar Gelgel Terlihat Lengang

2 min read

KLUNGKUNG, Media Bali- Piodalan Pura Dasar Bhuana Gelgel jatuh pada Soma Kliwon Wuku Kuningan atau tepat pada Rainan Pemacekan Agung, Senin (21/9). Tidak seperti piodalan sebelumnya yang penuh dengan pemedek, suasa Pura Dasar saat ini lebih lengang. Hal ini karena penerapan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19 di kawasan pura.

Bendesa Desa Adat Gelgel, Putu Arimbawa mengungkapkan pelaksanaan upacara Piodalan di Pura Dasar Bhuana Gelgel menggunakan upakara Nyatur Rebah seperti piodalan sebelumnya. Hanya saja, jika biasanya piodalan nyejer hingga tiga hari, kali ini hanya dilaksanakan sehari saja.

“Senin ini puncak piodalannya, Selasa dilaksanakan penyimpenan,” tutur Putu Arimbawa saat ditemui di Utama Mandala Pura Dasar Gelgel, Senin (21/9/2020).

Sesuai anjuran pemerintah, dari kapasitas pura yang bisa diisi hingga 1200 pemedek, hanya 25 persen saja yang diperbolehkan masuk melaksanakan persembahyangan atau sebanyak 300 pemedek. Hal ini pula yang menyebabkan Pura Dasar Gelgel terlihat lebih lengang dari biasanya.

Pihaknya juga sudah menempatkan sebanyak 12 tempat cuci tangan dan juga petugas. Pemedek yang baru masuk diharuskan untuk mencuci tangan. Selanjutnya saat memasuki utama mandala, sudah disiapkan hand sanitizer.

Pemedek pun diwajibkan ke pura dengan menggunakan masker. Hanya saja saat melaksanakan persembahyangan pemedek diperbolehkan untuk membuka masker dan menggunakannya kembali setelah selesai melaksanakan persembahyangan. Dalam pelaksanaan persembahyangan pemedek diwajibkan untuk jaga jarak minimal satu meter.

Pada Piodalan di Pura Dasar Gelgel ini Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta beserta Wakil Bupati Klungkung I Made Mangku Kasta hadir untuk menghaturkan persembahyangan. Pada kesempatan tersebtu Mangku Kasta berharap masa Pandemi ini menjadi kesempatan umat untuk semakin dekat dengan Ida Shang Hyang Widhi Wasa. Selain itu, protokol kesehatan tetap harus dijaga dalam segala kegiatan termasuk saat melaksanakan persembahyangan. 007

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © Media Bali 2021 | Newsphere by AF themes.