MEDIA19 dot ID

Ajeg Bali untuk Indonesia

Tim Yustisi Kota Denpasar Jaring 18 Pelanggar Prokes

2 min read

Tim Yustisi Kota Denpasar kembali mendenda 11 orang pelanggar prokes yakni tidak menggunakan masker dalam operasi penegakan hokum prokes.

DENPASAR, Media Bali – Tim Yustisi Kota Denpasar kembali menjaring 18 pelanggar protocol kesehatan dalam operasi penertiban dan penegakan hukum protokol kesehatan atau prokes saat pandemi Covid-19.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Denpasar, Dewa Gede Anom Sayoga mengatakan, kegiatan operasi penertiban disiplin prokes tersebut secara berkelanjutan dilakukan guna menekan angka warga yang terpapar Covid-19.

Tim Yustisi tersebut terdiri dari Dinas Perhubungan, TNI, Polri dan Tim Penegakan Peraturan Daerah Kota Denpasar.

“Kami melaksanakan kegiatan pemantauan prokes selalu digelar di wilayah zona oranye atau jumlah penderita Covid-19 yang cukup banyak. Penegakan perda selalu kami gelar agar masyarakat memahami bahwa sangat penting mematuhi protokol kesehatan,” kata Dewa Sayoga.

Adapun hasil dari kegiatan tersebut, kata Dewa Sayoga, ada 18 orang pelanggar yang terjaring, 11 di antaranya tanpa menggunakan masker. Sesuai Peraturan Gubernur Bali, maka 11 orang tersebut didenda sebesar Rp100 ribu. Sedangkan 7 orang lainnya yang menggunakan masker tapi tidak benar hanya diberikan pembinaan.

Sayoga berharap, dengan terus diberikannya sanksi bagi yang melanggar prokes, dia berharap masyarakat tidak akan ada lagi yang melanggar, sehingga penularan virus Covid-19 bisa diputus mata rantainya.

Menurut Sayoga, dalam mencegah dan memutus penularan Covid-19 ini dibutuhkan partisipasi atau kesadaran masyarakat. Setelah dilakukan penegakan sekian kali, kini masyarakat mulai tampak kesadarannya untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Kita semua harus tetap melakukan pembinaan, sosialisasi dan edukati untuk dapat menggugah atau mendorong percepatan perubahan perilaku masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dan perilaku hidup bersih dan sehat,” katanya. Tim Yustisi yang terus bergerak melakukan operasi penegakan hukum pelaksanaan prokes tersebut terdiri dari Dinas Perhubungan, TNI, Polri dan Tim Penegakan Peraturan Daerah Kota Denpasar. 002

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © Media Bali 2021 | Newsphere by AF themes.