MEDIA19 dot ID

Ajeg Bali untuk Indonesia

Kebinekaan Jadi Keniscayaan

2 min read

Media Bali/ist AAGN Ari Dwipayana

Koordinator Staf Khusus Presiden, AAGN Ari Dwipayana, menyatakan bahwa kebinekaan adalah keniscayaan bagi dunia saat ini. Di berbagai belahan dunia, homogenitas nyaris tak ada lagi. Di Eropa misalnya, dulu sangatlah homogen, namun kini sangat heterogen, sehingga banyak negara yang awalnya bersifat monokultur mulai bergerak berubah ke arah multikultur.

“Di tengah kondisi seperti saat ini, maka kebinekaan, baik intra-agama dan antaragama menjadi keniscayaan. Kebinekaan adalah anugerah istimewa yang harus terus dijaga dan rawat bersama-sama, salah satunya dengan memperkuat gerakan arus tengah keberagamaan,” katanya dalam Rapat Koordinasi Dirjen Bimas Hindu dengan para tokoh Umat Hindu, Senin (22/2).

Berpijak pada hal tersebut, ia memandang bahwa penguatan arus tengah dalam masyarakat yang heterogen sangat penting, lebih-lebih di saat banyak negara sedang menghadapi tantangan atas kondisi masyarakat yang heterogen.

Ari menjelaskan ukuran keberhasilan literasi beragama bukanlah pada seberapa besar manusia dapat memahami teks kitab suci, namun sejauh mana mampu melakukan perubahan atau transformasi etik berdasarkan pemahaman yang dimiliki. “Dengan demikian, kita akan melihat kemeriahan beragama tegak lurus dengan perubahan-perubahan etik dalam masyarakat, yang tergambar dari semakin membaiknya entitas sosial dan kesadaran sosial,” katanya.

Menurutnya, literasi tanpa perubahan etik masyarakat, akan memunculkan banyak persoalan baru, tanpa ada titik kemajuan. Sementara, moderasi adalah hal yang fundamental dalam suatu peradaban. “Tanpa moderasi, tidak akan ada dialog, tidak akan ada satu konsensus untuk membangun sinergi. Moderasi dalam berbagai hal, termasuk dalam politik, dalam beragama adalah cara kita untuk menemukan titik temu,” katanya sembari mengatakan bahwa ekstrimisme dan radikalisme sangat berbahaya yang dapat menimbulkan konflik tajam yang dapat berakhir dengan kekerasan. ant/005

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © Media Bali 2021 | Newsphere by AF themes.