MEDIA19 dot ID

Ajeg Bali untuk Indonesia

Program Vaksinasi Beri Harapan Baru, Diharapkan Mampu Tumbuhkan Perekonomian

2 min read
I Komang Gede

I Komang Gede. MEDIA BALI/IST

Adanya vaksinasi merupakan angin segar bagi pelaku ekonomi terkait dengan wabah Covid-19 yang sudah berlangsung setahun. Banyak dampak yang diakibatkan hingga akhirnya menjadi dampak terburuk adalah pertumbuhan ekonomi menurun. Hal tersebut disampaikan praktisi Universitas Hindu Indonesia (UNHI) I Komang Gede S.E., MM., Denpasar, Rabu (17/3).

   PRIA yang disapa Mangde ini mengatakan hal ini terjadi bukan tanpa sebab, mulai dari masyarakat mengalami penurunan pendapatan bahkan ada yang kehilangan pendapatan (tidak berpengasilan). Hal ini dikarenakan pemutusan hubungan kerja oleh perusahaan yang tidak mampu menopang biaya operasional akibat minimnya sumber pendapatan yang diperoleh.

    Hal ini tentu dipicu oleh aturan-aturan terkait dengan prokes penanganan Covid-19 mengakibatkan masyarakat harus tunduk dan patuh terhadap aturan tersebut demi kesehatan. Bahkan mirisnya banyak opini yang mucul tidak mati karena covid jadi mati karena kelaparan. Tentu hal ini tidak baik bagi isu tersebar dimasyarakat luas dikarenakan kondisi kasus Covid-19 ini belum menemukan titik terang.

    Kabar bahagia mulai mencerahkan harapan masyarakat pada awal tahun 2021 ini, vaksinasi sudah mulai digencarkan dan harapannya kasus mulai menurun bahkan semua aktivitas bisa kembali normal tanpa ada bayangbayang yang kelam.

     “Vaksinasi menjadikan semangat dan motivasi masyarakat yang sudah mulainya dibuka celah-celah sektor sumber roda perekonomian. Untuk mendukung hal tersebut perlu dipandang penting kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung program pemerintah sehingga semua dapat berjalan bersamaan dan beriringan pemulihan ekonomi untuk tumbuh mulai berangsur-angsur, kata dosen asal Antiga, Karangasem.

    Ketika ditanya proyeksi pertumbuhan ekonomi tahun 2021, Optimiskah ? Padangan umum seharusnya iya, jika semua berjalan sesuai rencana dengan didukung oleh masyarakat menggalakkan program pemerintah ini terkait vaksinasi yang sudah digencarkan, dengan demikian pemikiran baik akan mulai bermunculan harapan baru dan semangat baru akan muncul baiknya jika ini lakukan secara bersamaan.

    “Tentu saja akan menjadikan hal yang sangat baik guna menumbuhkan sektor perekonomian. adanya vaksinasi ini menjadikan harapan baru untuk meningkatkan sektor perekonimian, dan untuk dapat mewujudkannya perlunya dukungan dan kontribusi masyarkat luas,” harapnya.

    Masih Mangde, Mengutip Pernyataaan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2021 akan menyentuh 5,5 persen. Dengan adanya vaksinasi menjadi game changer. Senada dengan kutipan tersebut bahwa pemulihan terhadap kondisi ekonomi tahun 2020 yang mengalami penurunan 2.07% (www.bps.go.id) menjadikan perhatian khusus pelaku ekonomi. 014

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © Media Bali 2021 | Newsphere by AF themes.