MEDIA19 dot ID

Ajeg Bali untuk Indonesia

Siap Gandeng Maestro Seni

2 min read
PROF. DR. I WAYAN 'KUN' ADNYANA

PROF. DR. I WAYAN 'KUN' ADNYANA

REKTOR Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar 2021-2026, Prof. Dr. I Wayan ‘Kun’ Adnyana, siap menggandeng para maestro seni dan kalangan profesional, termasuk para profesor internasional sebagai dosen tamu dalam mengembangkan ISI Denpasar ke depan. Langkah tersebut merupakan wujud dari konsep “Belajar Merdeka-Kampus Merdeka” yang menjadi ide besar pendidikan tinggi ke depan.

 “Kami akan menggandeng seluas-luasnya maestro seni dan kalangan profesional, termasuk profesor internasional sebagai dosen tamu berkolaborasi dengan dosen ISI Denpasar di semua program studi. Kami utamakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka sebagai arena riset atau cipta karya seni melalui projek independen, pengajaran di satuan pendidikan terpencil, kerjasama strategis dunia usaha atau industri, dan pengabdian masyarakat tematik,” katanya saat dihubungi usai pelantikannya di Plaza Insan Prestasi, Gedung Ki Hadjar Dewantara, Kemendikbu RI, Jakarta (22/3).

 Ia mengatakan, ke depan pihaknya akan merancang upaya sistematis dalam mewujudkan daya saing institusinya melalui jejaring lembaga pendidikan tinggi dan medan seni kreatif dunia (arts and creative world).

 Menurutnya, Bali telah memiliki ekosistem kreatif dan sejarah kesenian yang panjang. Bali juga telah menjadi ruang campuhan kompetisi global seni budaya. Bali telah menjadi brand yang dikagumi dunia, sehingga upaya menjadikan ISI Denpasar sebagai Hub Internasional dalam dialog, sinergi, dan kolaborasi seni budaya tingkat dunia optimis dapat terwujud.

 “Kami juga menegakkan visi ISI Denpasar ke depan sebagai pusat unggulan yang sejalan dengan visi Pemerintah Provinsi Bali, yakni dalam dimensi budaya sebagai Bali Padma Bhuwana, yaitu Bali sebagai Pusat Peradaban Dunia, dengan branding Global-Bali Arts and Creativity Hub (G-BACH),” katanya yang sebelumnya merupakan Kepala Dinas Kebudayaan Bali ini.

 Sebagaimana diketahui, Prof. ‘Kun’ Adnyana berhasil menang telak pada Pemilihan Rektor ISI Denpasar dengan mendulang 27 dari 29 suara. Ia pun akhirnya dilantik secara resmi sebagai Rektor ISI Denpasar oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim. 014/005

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © Media Bali 2021 | Newsphere by AF themes.