MEDIA19 dot ID

Ajeg Bali untuk Indonesia

Disbud Denpasar Siapkan 14 Materi Pertunjukan di PKB XLIII

2 min read
Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, Drs. I Gusti Ngurah Bagus Mataram.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, Drs. I Gusti Ngurah Bagus Mataram. MEDIA BALI/012

DENPASAR, Media Bali – Seniman di wilayah Kota Denpasar akhirnya tersenyum lega dan menyambut gembira atas rencana penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIII (ke-43) tahun ini. Sesuai jadwal akan digelar mulai 10 Juni hingga 12 Juli 2021 di Art Centre, Denpasar.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, Drs. I Gusti Ngurah Bagus Mataram mengatakan pihaknya sudah melakukan rapat bersama para seniman calon perwakilan di Kota Denpasar. PKB yang digelar tahun ini akan melibatkan peserta dari seluruh Kabupaten/Kota di Bali.

“Para seniman menyatakan sangat bersyukur karena PKB tetap bisa berjalan walaupun secara sederhana dan terbatas, mereka sangat ingin kembali tampil untuk berkreativitas dan berkesenian,” ujar Bagus Mataram ditemui di ruangannya, Selasa (6/4) kemarin.

Oleh karena PKB akan dilakukan secara luring dan daring, Bagus Mataram menyebut kemungkinan Presiden RI Joko Widodo yang membuka dari Istana Negara. Namun demikian, ia belum dapat memastikan lebih jauh, siapa yang membuka masih melihat situasi ke depan.

 “Ya harapan dengan dibukanya PKB ke-43 tahun 2021 ini dapat menjadi pembuka pariwisata dan kegiatan budaya, meski dibatasi masih bisa tetap berjalan. Ini juga salah satu pendukung dan menjadi agenda even tahunan internasional,” ucapnya.

Mengenai biaya, setiap Kabupaten/Kota sudah dianggarakan Pemprov Bali. Selain itu juga ada sokongan dana dari di tingkat Kabupaten/Kota-nya masing-masing sesuai nilai APBD.

“PKB tahun ini tetap jalan, kami dari seluruh kabupaten kota mendapat bantuan Pak Gubernur (provinsi) sekitar Rp500 juta, dan ditambah lagi anggaran (nilainya berbeba-beda) pada masing-masing di Kabupaten/Kota sesuai anggaran APBD-nya,” katanya.

Khusus untuk Kota Denpasar, tetap mengikuti PKB dengan pengelolaan dana yang diberikan Gubernur dan ditambah dari APBD Denpasar sekitar Rp600 juta lebih.

Calon peserta yang tampil adalah mereka yang batal tampil dalam ajang PKB Tahun 2020 lalu, sehingga proses persiapan atas 14 materi sudah lebih baik tinggal mematangkan konsep materi isi yang akan dipertunjukkan.

“Latihan jelang PKB juga dilakukan dengan pembatasan karena pandemi, tidak boleh ada yang menonton. Sehingga persiapan kami ada 16%, mereka yang ikut tahun ini adalah calon peserta tahun 2020 lalu, saat itu kan tidak jadi karena pandemi sehingga tahun 2021 inilah siap ditampilkan,” tandasnya. 012 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © Media Bali 2021 | Newsphere by AF themes.