MEDIA19 dot ID

Ajeg Bali untuk Indonesia

Nusa Penida Contoh Budidaya Laut di Gerokgak

2 min read

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengunjungi Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan di Dusun Gondol, Desa Penyabangan, Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Sabtu (17/4/2020). MEDIA BALI/007

KLUNGKUNG, Media Bali – Status Kawasan Konservasi Perairan (KKP) Nusa Penida tidak serta merta membuat segala potensi yang ada di dalamnya bisa digarap. Dikaitkan dengan perkembangan pariwisata, selain sebagai pusat diving dan snorkeling, potensi perikanan dan kelautan juga harus dikembangkan untuk mendukung pariwisata terutama untuk kebutuhan seafood termasuk rumput laut.

Di samping itu, kebutuhan seafood bisa menjadi peluang untuk masyarakat Nusa Penida dalam mengembangkan budidaya seafood sebagai mata pencaharian dan saling melengkapi untuk kebutuhan pariwisata.

Untuk menggali potensi tersebut, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Kaban Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Kabupaten Klungkung, Anak Agung Gede Lesmana, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung, Dewa Ketut Suata Negara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Klungkung, I Wayan Suteja, Kadis Pariwisata Kabupaten Klungkung, A.A Gede Putra Wedana mengunjungi Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan di Dusun Gondol, Desa Penyabangan, Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Sabtu (17/4/2020).

Bupati Suwirta juga mengunjungi, pengusaha bibit bandeng dan kerapu dan dilanjutkan ke PT Sea Sixenergy Indonesia Pabrik Pengolahan Rumput Laut di Gerokgak. Dari hasil kunjungan tersebut, Bupati Suwirta menugaskan OPD terkait untuk menindaklanjuti dengan segera merealisasikan demplot budidaya kepiting, udang dan kerapu yang sudah dianggarkan. “Hari ini kami ingin tahu dan melihat langsung agar apa yang kami mimpikan bisa terwujud untuk mengembangkan serta meningkatkan ekonomi di bidang kelautan segera bisa terwujud,” ujar Bupati Suwirta.

Pihaknya juga meminta bantuan kepada tim ahli Balai Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan Gondol, Gabungan Pengusaha Lobster Indonesia dan Pengusaha bibit bandeng dan kerapu untuk ikut membantu pengembangan potensi tersebut. “Mohon dukungan dan kerjasamanya serta memberi masukan untuk mengembangkan potensi laut di Nusa Penida,” pintanya.

Untuk rumput laut, Bupati meminta kepada PT Sea Sixenergy Indonesia Pabrik Pengolahan Rumput Laut menjalin kerjasama lewat koperasi untuk bisa menangani rumput laut Nusa Penida dari hulu sampai hilir. Bupati Suwirta juga berharap agar perusahaan yang mengolah rumput laut mentah bisa mendirikan pabrik di Nusa Penida untuk memberikan manfaat mutualisme antara perusahaan dan petani.

Mengakhiri kunjungan, Bupati dan rombongan menyempatkan melihat langsung budidaya lobster yang dikelola oleh Gabungan Pengusaha Lobster Indonesia (GPLI). ”Mudah-mudahan kunjungan hari ini memberikan solusi serta bisa menindaklanjuti perencanaan yang kita garap untuk menggali potensi Nusa Penida,” harap Bupati asal Nusa Ceningan ini. 007

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © Media Bali 2021 | Newsphere by AF themes.