MEDIA19 dot ID

Ajeg Bali untuk Indonesia

Berkedok Jualan Tisu, Satpol PP Amankan Belasan Gepeng

1 min read

Belasan gepeng diamankan Satpol PP Klungkung untuk selanjutnya dipulangkan ke Karangasem. MEDIA BALI/IST

KLUNGKUNG, Media Bali– Keberadaan anak di bawah usia 17 tahun yang menjajakan tisu di perempatan Jalan Kecubung, Klungkung membuat petugas Satpol PP Klungkung harus turun tangan. Sebanyak 15 orang anak-anak berbagai umur dan dua orang dewasa diamankan untuk selanjutnya dipulangkan ke tempat asalnya.

Kasatpol PP dan Damkar Klungkung, I Putu Suarta mengungkapkan, pihaknya telah menjaring 15 orang peminta-minta yang berdalih jualan tisu. Menurutnya, tindakan tegas Satpol PP ini diambil karena laporan warga yang merasa terganggu dengan anakanak menjajakan tisu di lampu merah. “Dia menjajakan tisu sambil meminta-minta. Hanya dipakai kedok saja,” tuturnya di sela-sela pendataan gepeng yang terjaring, Senin (19/4).

Selain anak di bawah umur ada juga balita umur 1,5 tahun yang diajak dalam aksi tersebut. Menurut Putu Suarta kegiatan menjajakan tisu di lampu merah tersebut telah melanggar Perda Nomor 2 Tahun 2014 tentang ketertiban umum. Apalagi sejumlah warga merasa terganggu karena merasa dipaksa untuk membeli tisu. “Tidak hanya tisu, ada juga berjualan pisau, kacang dan barang lainnya juga sudah kita amankan,” tambahnya.

Putu Suarta menegaskan berjualan asongan di tempat umum telah melanggar ketertiban umum. Apalagi kegiatan tersebut diikuti dengan pemaksaan yang mengganggu aktivitas masyarakat lainnya. Meski telah melanggar Perda, Putu Suarta mengaku tidak mengenai sanksi.

Pihaknya hanya berkoordinasi dengan Dinas Sosial Klungkung untuk memulangkan belasan gepeng tersebut. Menurutnya, belasan gepeng tersebut berasal dari Kabupaten Karangasem. Untuk itu, nantinya Dinas Sosial Klungkung akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial Karangasem untuk proses pemulangan. “Mereka mengaku dari Desa Tianyar Karangasem. Jadi akan diserahkan ke Dinas Sosial Karangasem,” pungkasnya. 007

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © Media Bali 2021 | Newsphere by AF themes.