MEDIA19 dot ID

Ajeg Bali untuk Indonesia

Pasraman Air Hadir Membangun Kesadaran tentang Air

1 min read
Salah satu kegiatan dalam Pasraman Air “Aji Toya”

Salah satu kegiatan dalam Pasraman Air “Aji Toya”.MEDIA BALI/IST

BADUNG, Media Bali – Gerakan gotong royong bervisi membangun kesadaran pentingnya air hadir di Bali. Gerakan bernama “Pasraman Air” digelar selama sepekan dari Senin (26/4) hingga Minggu (2/5). “Pasraman adalah sebuah titik temu yang coba kami hadirkan sebagai ruang belajar dan refl eksi sekaligus konsolidasi dari setiap simpul gerakan yang ada.

Gerakan ini kami wujudkan sebagai momen gotongroyong dan dimiliki bersama,” kata perwakilan Pasraman Air, Rai Astrawan, Senin (26/4). Ia menjelaskan, pada helatan kegiatan pertama ini, pihaknya membingkai kegiatan tersebut dalam tema “Aji Toya”. Dalam bahasa Bali, kata aji dapat berarti ‘ayah’, ‘ajaran’, juga dapat merujuk kata sifat untuk sesuatu yang berharga sekali dan dianggap keramat. Sementara itu, kata toya berarti air atau daya.

“Dengan mengambil kemampuan dan sifat dari air yang berkenan menghubungkan, menerima, dan menyimpan segala laku hidup di sepanjang alirannya, maka kegiatan ini mengangkat tema ‘Aji Toya’,” jelasnya. Ia melanjutkan, kesadaran yang dicoba dibangun dalam kegiatan adalah pengenalan lebih dalam akan nilai penting dari air. Mereka mencoba memperkenalkan apa yang sesungguhnya tidak banyak disoroti orang tentang air.

Menurutnya, dalam banyak perbincangan tentang lingkungan, kebanyakan hanya menyoroti relasi antara unsur abiotik dengan menarik kegunaannya terhadap manusia. “Permasalahan etika lingkungan yang sebenarnya hanya merupakan kedok antroposentrisme terselubung, utamanya tentang air, akan dibedah secara intim, oleh pelakupelaku yang kesehariannya dekat dengan air selama sepekan ini,” katanya. Selama berlangsung, kegiatan tersebut akan menampilkan sejumlah kegiatan, mulai dari diskusi hingga pameran seni. Diskusi-diskusi akan dipantik oleh sejumlah perwakilan komunitas-komunitas yang p bergerak di air. 005

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © Media Bali 2021 | Newsphere by AF themes.