MEDIA19 dot ID

Ajeg Bali untuk Indonesia

Finalis Duta Bahasa Akui Dapatkan Banyak Relasi dan Informasi Terbaru

1 min read
Salah satu Finalis, Dwi Bayu Mustika, saat diwawancarai awak media, sebelum mengikuti ajang "Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Bali 2021 di gedung DNA (Dharma Negara Alaya) Art and Creative Hub Denpasar, pada Rabu (9/6/2021).

Salah satu Finalis, Dwi Bayu Mustika, saat diwawancarai awak media, sebelum mengikuti ajang "Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Bali 2021 di gedung DNA (Dharma Negara Alaya) Art and Creative Hub Denpasar, pada Rabu (9/6/2021).

Menyambut puncak ajang Grand Final “Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Bali 2021 di gedung DNA (Dharma Negara Alaya) Denpasar, pada Rabu (9/6/2021), salah satu finalis, Dwi Bayu Mustika memaparkan bahwa, persiapan yang dilakukannya, banyak sekali, terutama, mengenai tata bahasa dan padanan kata,” ungkapnya.

Sebelumnya, kata Dwi Bayu, prosesnya hingga mencapai “Grand Final” dengan mengikuti test UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia), UKBD (Uji Kemahiran Berbahasa Daerah) dan UKBA (Uji Kemahiran Berbahasa Asing). “Selain itu, juga diuji kemampuan bakat dan berdebat,” terang Dwi Bayu.

Soal prosesnya hingga mencapai “Grand Final”, diakui Dwi Bayu, sangat panjang, diawali dari test wawancara dan test administrasi, yang jika dihitung-hitung, rangkaian acaranya telah berlangsung hampir dua bulan. “Dari awal sampai sekarang, puncak acara “Grand Final”, prosesnya dua bulan, yang saat final, menurut Dwi Bayu, diuji terkait kemahiran berbahasa dan kemampuan bakat serta debat,yang dilanjutkan dengan presentasi,” terangnya.

Soal sistem penilaiannya, dijelaskan Dwi Bayu, seperti pengumpulan poin, yang dijelaskannya, mendapatkan poin yang tertinggi, dialah yang juara. “Setiap test itu, ada kapasitas dan nilainya masing-masing,” ungkapnya.

Dengan mengikuti “Pemilihan Duta Bahasa”, Dwi Bayu menyadari mendapatkan banyak relasi, terutama di tingkat Provinsi Bali dan juga teman-teman baru. Selain itu, diakuinya, melalui ajang ini, mendapatkan informasi terbaru dan cukup banyak mengenai ketatabahasaan. Apalagi dari “Pendidikan Bahasa Indonesia” di kampusnya, diharapkan, sangat bermanfaat kedepannya bagi meningkatkan kemampuannya, dalam segi tata bahasa dan padanan kata,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © Media Bali 2021 | Newsphere by AF themes.