MEDIA19 dot ID

Ajeg Bali untuk Indonesia

ITB STIKOM Bali Gelar “Lomba Jurnalistik”

2 min read

Denpasar, Media19.id-Era pandemi berimbas juga pada profesi jurnalis, yang terdampak secara ekonomi akibat mewabahnya Covid-19 di Bali.

Dampak pandemi Covid-19, ITB STIKOM Bali tergerak hatinya, untuk membantu para jurnalis, yang tergabung dalam ITB STIKOM Bali, dengan menyelenggarakan “Lomba Jurnalistik”. Mengingat, jurnalis telah berjasa membesarkan nama ITB STIKOM Bali, sebagai sekolah pertama ilmu teknologi di Bali.

Salah satu anggota Tim Juri, Rahman Sabon Nama, seusai “Teknikal Meeting” via Zoom mengungkapkan, “Lomba Jurnalistik” dikhususkan untuk wartawan tulis, fotografer dan video, yang tergabung dalam ITB STIKOM Bali Group Media. Untuk tema, kata Rahman, “Mencetak Manusia Unggul melalui ITB STIKOM Bali Group. Sementara, topik yang dilombakan, lanjut Rahman, pertama, STIKOM Bali: Always the First, yang kedua, SMK TI Global: SMK Bisa, SMK Hebat, Bali Global Pilihanku dan yang ketiga, Polnas dan Poltek G2: Kerja Dulu, Baru Sarjana.

Sementara, untuk hadiah “Lomba Jurnalistik”, ITB STIKOM Bali dibawah naungan Yayasan WDS (Widya Dharma Shanti), tak tanggung-tanggung, menggelontorkan anggaran Rp.19 juta bagi pemenang “Lomba Jurnalistik”, yang dijadwalkan berlangsung selama dua setengah bulan, yaitu 13 Juni-31 Agustus 2021.

Lebih lanjut, ungkap Rahman, persyaratannya wajib menulis, minimal tiga berita per topik atau total sembilan berita yang terbit di media masing-masing dan dibagikan di akun media sosial pribadi atau media online, selama dua setengah bulan,” beber Rahman di Kampus ITB STIKOM Bali, Renon, Bali, pada Kamis (1/7/2021).

Dijelaskan, kemampuan wartawan berimprovisasi tentang kiprah dan kelebihan masing-masing topik serta dibagikan di akun media sosial pribadi dan media onlinenya. “Jadi, kemampuan wartawan berimprovisasi dinilai, saat meramu tulisan, video, talk show atau live streaming. Dampak pemberitaan bisa terlihat langsung tanpa rekayasa,” sebut Rahman.

Soal topik fotografer dan video, beber Rahman, fotografer wajib menyiarkan, minimal dua berita, yaitu 1 live streaming dan 1 video per topik dan dibagikan diakun media pribadi atau media online serta juga wajib menyiarkan, minimal 6 karya foto per topik atau totalnya 18 karya foto,” pungkas Rahman. rls/ace

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © Media Bali 2021 | Newsphere by AF themes.