MEDIA19 dot ID

Ajeg Bali untuk Indonesia

Tingkatkan Gairah IKM-UMKM, Ny. Putri Koster Motivasi Pengurus Dekranasda

2 min read
Ketua Umum Dekranasda Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster motivasi tingkatkan pendapatan IKM/UMKMdalam situasi pandemi.

Ketua Umum Dekranasda Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster motivasi tingkatkan pendapatan IKM/UMKMdalam situasi pandemi. MEDIABALI/012

DENPASAR, Media Bali-

Bagi-bagi pengalaman dalam membangkitkan semangat pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) selama pandemi dilakukan Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster.

Ia menyampaikan terobosan yang cukup efektif, salah satunya gelaran IKM Bali Bangkit di Taman Budaya Provinsi Bali. Namun demikian, sayangnya untuk sementara kegiatan pameran secara offline ditiadakan karena status PPKM, terkait pencegahan penularan Covid-19. Ia saat ini memanfaatkan media online dalam membantu pemasaran produk-produk IKM/UMKM.

“Untuk kami di Bali mempunyai platform e-market place lokal, yaitu balimall.id dan ini sangat membantu kami dalam memasarkan produk para perajin secara online,” katanya, Jumat (30/7), secara virtual di Gedung Jayasabha.

Menurut Ny. Putri Koster bahwa Bali mendapatkan berkah di tengah pandemi dengan terpilihnya kain endek menjadi bahan busana Christian Dior. Endek digunakan rumah mode ini menjadi penyemangat terhadap perajin tenun yang sedang lesu.

Para perajin tenun tradisional juga semakin bergairah produksinya, pasca pemberlakuan SE Gubernur Bali Nomor 4 Tahun 2021 Tentang Penggunaan Kain Endek Bali/Kain Tenun Tradisional Bali setiap hari Selasa.

Pada intinya sasaran SE tersebut menyasar kalangan ASN dan pengawai yang pendapatannya kini tidak begitu terpengaruh pandemi.

“Itu strategi yang kami tempuh agar para penenun bisa tetap tersenyum,” imbuhnya, di dampingi Ketua Harian Dekranasda Bali I Wayan Jarta.

Sementara itu, Staf Ahli Dekranas Hesti Indah Kresnarini yang memimpin jalannya rakor virtual memuji sejumlah langkah yang ditempuh Bali dalam upaya menjaga nyala semangat para pelaku IKM/UMKM.

Ia berharap melalui pengalaman dari Ny Putri Koster mampu memberi motivasi pengurus Dekranasda di daerah lain. Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan rasa bangga atas terpilihnya endek sebagai bahan busana Christian Dior.

Terkait dengan pameran online yang akan dilaksanakan secara estafet mulai bulan Agustus, Dekranas membagi peserta dalam lima grup. Bali masuk di grup 5 bersama Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi Utara, Papua, Kalimantan Utara dan Jambi. Pameran untuk grup 5 akan dilaksanakan dari 29 November hingga 18 Desember 2021 mendatang.

Sedangkan, dalam penyelenggaraan pameran online ini, Dekranas bekerjasama dengan dua marketplace nasional. Pameran online di platform digital nasional merupakan keberuntungan bagi pelaku IKM/UMKM daerah.

“Dekranasda agar memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk membantu pemasaran produk IKM/UMKM yang menjadi binaannya,” demikian Hesti. 012

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © Media Bali 2021 | Newsphere by AF themes.