MEDIA19 dot ID

Ajeg Bali untuk Indonesia

Masyarakat Badung Utara Mendesak Perlu 2 SMA Baru

2 min read
I Nyoman Laka

I Nyoman Laka. MEDIA BALI/IST

BADUNG, Media Bali – Masyarakat Badung Utara, utamanya di wilayah Kecamatan Mengwi, perlu mendesak paling tidak 2 sekolah menengah atas (SMA) baru. Pasalnya, setiap penerimaan peserta didik baru (PPDB) selalu muncul permasalahan kekurangan sekolah.

Hal itu disampaikan Anggota DPRD Bali Dapil Badung, I Nyoman Laka, kepada Media Bali pada Minggu (29/8). “Permasalahan PPDB di Badung ini, khususnya SMA, terus berulang. Masyarakat menyebutnya berulang tahun. Aspirasi masyarakat, mendesak agar pemerintah segera membangun sekolah baru,” katanya.

Menurut kader senior PDI Perjuangan itu, munculnya kekisruhan PPDB tiap tahun tidak terlepas dari kurangnya daya tampung lulusan siswa SMP di Kecamatan Mengwi. “Di Kecamatan Mengwi ada 7 SMP negeri, sedangkan SMA hanya ada 2. SMP 1 Mengwi saja menamatkan 11 kelas, dengan rombel 36,” katanya.

Selain itu, kata dia, meluasnya zonasi juga dapat menambah kekroditan PPDB. “Betapa tidak, karena meluasnya zonasi, siswa tamatan SMP dari Belayu dan Marga, Tabanan bisa ‘berebut’ PPDB di Mengwi,” katanya.

Keinginan siswa dan orangtua, lanjutnya, begitu kuat untuk bersekolah di sekolah negeri, semakin sempurna membuat kekisruhan PPDB.

Dengan melihat kondisi tersebut,  Laka meminta Pemprov Bali segera mengkaji pembangunan sekolah baru sebagai solusi anak-anak tamatan SMP. “Ini permasalahan yang sangat mendesak. Penyebabnya, out put SMP tidak semua bisa diakomodir di SMA/SLTA negeri yang ada. Ini harus disinergikan, berapa idealnya harus ada SLTA agar semua anak bisa tertampung. Setidaknya di Kecamatan Mengwi perlu dibangun 2 SMA baru,” katanya.

Laka menyebutkan selama ini tamatan SMP terkesan dipaksakan untuk diterima sehingga proses pembelajaran tidak ideal. Seharusnya satu rombel diisi maksimal 36 siswa, terpaksa diisi 40 siswa. “Jadi tidak efektif, tidak ideal. Nanti kalau PTM diberlakukan, tentu bisa mengganggu PBM,” katanya seraya menambahkan, banyak lokasi strategis bisa dibangun SMA di Kecamatan Mengwi. 004

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © Media Bali 2021 | Newsphere by AF themes.