MEDIA19 dot ID

Ajeg Bali untuk Indonesia

Proyek Patung Kapten Dipta Sudah Berjalan 6,8 Persen

2 min read

GIANYAR, Media Bali – Pemkab Gianyar terus menggenjot pembuatan taman patung Kapten Dipta yang berada di depan pintu masuk By Pass Dharma Giri Buruan, Kecamatan Blahbatuh atau di kawasan Stadion Dipta. Dimana saat ini, proyek yang ditargetkan rampung 26 Desember 2021 ini, sudah berjalan 6,863 persen. Pihak kontraktor menilai proyek akan selesai sesuai target. Sebab dalam pelaksanaannya mereka menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan juga tidak ada masalah terkait ketersediaan material. 

Patung Kapten Dipta memiliki tinggi 13,5 meter. Dimana taman patung tersebut akan berdiri di atas tanah yang di bawahnya terdapat parkiran bawah tanah yang disiapkan untuk para suporter bola saat menyaksikan pertandingan di Stadion Dipta.

Pengerjaan berlangsung selama 150 hari, dengan kontraktor PT. Sida Dadi Prakanti. Konsultan perencana PT. Tata Rencana Hijau. Sebagai konsultan pengawas PT. Kencana Adhi Karma. Sementara anggarannya sebesar Rp 4,4 miliar. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Gianyar, Wayan Karya, Senin (13/9) mengatakan, saat ini tahapan pengerjaan proyek sudah mencapai 6,8630 persen. Dimana pekerjaan yang berlangsung saat ini adalah penataan sungai, pembesian kolam dan pedestal. Dimana kata dia, ini bukan hanya proyek pendirian patung. Namun di bawah patung terdapat kebun yang bagus untuk refreshing. 

Selain itu, di bawah taman patung terdapat baseman untuk parkir kendaraan roda empat dan roda dua, sehingga saat ada masyarakat yang datang ke sini, kendaraan mereka tidak akan menggangu lalu lintas di By Pass Dharma Giri Gianyar. Nantinya, baseman tersebut juga akan digunakan untuk para supporter yang menyaksikan pertandingan sepakbola di Stadion Dipta.

“Tahap saat ini penataan sungai, pembesian kolam dan pedestal,” ujarnya.
Karya mengatakan, sejauh ini pengerjaannya berjalan dengan baik. Tidak dipungkiri, selama ini terdapat proyek yang pengerjaannya terkendala akibat pekerjaan terkonfirmasi covid-19.

Bercermin dari itu, pihaknya pun telah meminta agar para pekerja mentaati protokol kesehatan covid-19, untuk menghindari pekerjaan terpapar covid-19 yang dapat menyebabkan proyek harus dihentikan selama para pekerja menjalani karantina. 

“Sejauh ini proyek berjalan lancar, tidak ada isolasi. Pengerjaan yang dilakukan di sini selain patung, juga penataan sungai, finishing basemen dan panataan landscape keseluruhan. Tidak ada kendala semua berjalan baik, baik itu dari sisi pekerja maupun ketersediaan material. Pekerjaan direncanakan berakhir tgl 26 Desember 2021,” katanya.

Bupati Gianyar, Made Mahayastra mengatakan pihaknya telah meninjau pengerjaan taman patung Kapten Dipta tersebut. Kata dia, sejauh ini memang telah berjalan baik. Diapun meminta pengerjaan agar sesuai target. Sebab ini merupakan salah satu ikon baru di Kabupaten Gianyar. “Mudah-mudahan pengerjaan selesai sesuai yang kita harapkan bersama,” tandasnya. 013

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © Media Bali 2021 | Newsphere by AF themes.