MEDIA19 dot ID

Ajeg Bali untuk Indonesia

Temusetara.com Solusi Kepedulian bagi Generasi Tuli

1 min read

Temusetara.com Solusi Kepedulian bagi Generasi Tuli.MEDIA BALI/IST

BADUNG, Media Bali – Launching platform Temusetara.com dilakukan Pertamina Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Ngurah Rai, sebagai bagian dari wujud kepedulian sesama.

Platform melalui www.temusetara.com menyasar individu yang mengalami kendala kesehatan tuli, di mana sehari-harinya mereka menggunakan media bahasa isyarat untuk saling berkomunikasi.

Generasi muda yang mengalami tuna runggu menggunakan bahasa isyarat, cenderung mengurangi kemampuan verbal dan kognitifnya. Mereka yang mengalami gangguan tuli, masih bisa menggunakan alat dengar yang setara dengan pendengaran orang dengar.

“Bahasa isyarat alamiah oleh komunitas tuli bukan bahasa standarisasi. Selain itu, memiliki fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan pragmantik. Di Indonesia lebih dari enam bahasa isyarat berbeda, itu ada Jakarta, Yogyakarta, Bali, Makassar, Pare-pare, dan lainnya,” tutur Surya Sahetapy aktivis Tuli Indonesia dari Yayasan Handai Tuli, yang dipandu juru bahasa isyarat, Jasmine, Selasa (28/9) kemarin melalui aplikasi Zoom Meeting dalam rangka memperingati Pekan Tuli Internasional Tahun 2021.

Sementara itu, Muhammad Hartato dari Pertamina mengatakan launching bertujuan mengajak semua pihak supaya platform Temusetara.com bisa diketahui luas, menyebarkan informasi lewat digital inklusi melalui Temusetara.com.

“Platform ini diinisiasi oleh Pertamina DPPU Ngurah Rai, dan melalui Temusetara.com menuju kesetaraan sosial dan peningkatan akses inklusi di Indonesia. Temusetara.com juga memiliki video-video edukasi, hiburan, budaya, lingkungan, kerajinan, dan bisnis. Masyarakat juga diajak lebih peduli antar sesama,” demikian pungkas Hartato, didampingi Dhita Hardiyanti Utami selaku Community Development Officer Pertamina DPPU Ngurah Rai. 012

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © Media Bali 2021 | Newsphere by AF themes.