MEDIA19 dot ID

Ajeg Bali untuk Indonesia

Soal Perubahan Warna Seragam Satpam, Kapolda Putu Jayan Tunggu Peraturan Pusat

2 min read

Kapolda Bali Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, SH., M.Si., tanggapi rencana seragam satpam yang akan diubah, Kamis (13/1/2022).

DENPASAR, Media19.id- Kapolda Bali Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, SH., M.Si., menanggapi atas rencana warna seragam security atau satuan pengamanan (Satpam) yang akan kembali diganti untuk mencegah kebingungan di masyarakat.

Warna yang digunakan diawal adalah putih-biru tua, lalu menjadi coklat muda, dan dalam waktu dekat diwacanakan akan menjadi warna krem-coklat tua.

Perubahan kembali warna seragam satpam masih proses pengkajian, karena warna coklat tua dianggap menyerupai seragam polisi sehingga membingungkan masyarakat di marga jalan umum, tidak terkecuali di wilayah Bali dan sekitarnya.

“Yang jelas kami di Polda Bali mengikuti peraturan dari pusat, dari Mabes Polri nanti menentukan apa, ya kita akan menyesuaikan,” ujarnya di Lobi Polda Bali, Kamis (13/1/2022).

Kapolda Putu Jayan menegaskan informasi perubahan seragam satpam akan dilakukan jika sudah muncul aturan baru di tingkat pusat. Saat ini, ia tidak menampik seragam yang digunakan para satpam di Bali, warna coklatnya cukup menyerupai seragam aparat kepolisian.

“Memang waktu itu disosialisasikan memakai pakaian seperti ini (serupa warna coklat), akhirnya kita mengikuti. Nah, kalau misalnya ada perubahan lagi, kami juga akan mengikuti, prinsipnya seperti itu,” tegasnya.

Sedangkan di tingkat pusat, seragam satpam yang akan diubah menjadi warna krem dan celana satpam tetap berwarna coklat tua, telah sempat diungkapkan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Ahmad Ramadhan, di mana atas keinginan dari masyarakat.

“Seperti yang saya sampaikan tadi untuk mengakomodir keinginan-keinginan masyarakat dan agar masyarakat nggak bingung,” tuturnya kepada awak media di Mabes Polri di Jakarta.

Harapannya dari warna coklat menjadi krem tidak terlalu mencolok dan rencananya seragam baru satpam akan mulai diperkenalkan pada 31 Januari 2022 ini, yang juga bertepatan pada hari ulang tahun (HUT) satpam. 012


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © Media Bali 2021 | Newsphere by AF themes.