MEDIA19 dot ID

Ajeg Bali untuk Indonesia

Kapolri Listyo Sigit Sambut Baik Bakamda dan Sipandu Beradat, Bantu Tekan Covid-19 sekaligus Dukung Event di Bali

2 min read

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., mengukuhan Bankamda dan Peresmian Forum Sipanduberadat, Jumat (29/1/2022).

DENPASAR, Media19.id- Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., hadiri pengukuhan Bantuan Keamanan Desa Adat (Bankamda) dan Peresmian Forum Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat (Sipanduberadat), Jumat (29/1/2022) di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya Provinsi Bali.

Kapolri Listyo Sigit hadir ditemani Kapolda Bali Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, SH., M.Si., Gubernur Bali Dr. Ir. I Wayan Koster, MM., Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf, SH., dan stakeholder lainnya.

Dijelaskan Kapolri Listyo Sigit bahwa ia memberikan apresiasi atas dibentuknya Forum Sipandu Beradat sebagai implementasi atas Pergub Bali Nomor 26 Tahun 2020 tentang Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat. Ke depannya Sipandu Beradat dapat membantu keamanan masyarakat, sehingga dalam situasi pandemi Covid-19 situasi lingkungan masyarakat umum tetap terjaga kondusif.

“Saya mengapresiasi pembentukan forum Forum Sipanduberadat, dengan adanya forum ini dapat mendukung stabilitas Kamtibmas, memperkuat upaya pengendalian Covid-19 dan mendukung keberhasilan pelaksanaan berbagai event yang ada di Bali,” ucapnya.

Menurut Kapolri Listyo Sigit, komunikasi dan koordinasi untuk menjaga keamanan menjadi hal yang amat penting, di dalam Sipandu Beradat keamanan juga mengupayakan langkah secara preventif dan preemtif.

“Jadi, dalam melaksanakan tugas pengamanan preventif dan preemtif terbatas, komponen Sipandu Beradat dapat berkoordinasi dengan unsur-unsur lembaga sesuai tingkatannya,” tegasnya.

Untuk diketahui, Sipandu Beradat dibentuk di Desa Adat, di Kecamatan, di Kabupaten/Kota, dan di Provinsi. Komponen Sipandu Beradat di Desa Adat meliputi unsur: Pacalang, Pelindungan Masyarakat (Linmas), Bhayangkara Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), dan atau Pam Swadaya terdiri dari Satuan Pengamanan (Satpam); dan atau Bantuan Keamanan Desa Adat (Bankamda).

Sedangkan, untuk Komponen Sipandu Beradat di Kecamatan, Kabupaten/Kota, dan Provinsi beranggotakan unsur-unsur lembaga sesuai tingkatannya. 012


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © Media Bali 2021 | Newsphere by AF themes.