MEDIA19 dot ID

Ajeg Bali untuk Indonesia

Soal Udayana Integrated Student Dormitory, Aksi Damai Minta Rektor Unud Prof. Antara Terbitkan SK Bukan SE

3 min read

Aksi damai peserta harap Rektor Unud terbitkan SK soal tidak wajib asrama, Rabu (13/4/2022).

DENPASAR, Media19.id- Registrasi ulang terhadap calon mahasiswa baru (Maba) diharapkan pula supaya dilakukan secara hybrid, sebab biaya calon maba dan orang tuanya datang dari luar Bali cukuplah tinggi.

Hal itu menjadi salah satu tuntutan mahasiswa-mahasiswi dalam aksi damai, di luar persoalan asrama atau Udayana Integrated Student Dormitory, yang mana keputusannya telah dianulir dan tidak wajib bagi calon Maba.

Di mana sebelumnya, Rektor Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU., secara resmi mengeluarkan Surat Edaran Nomor 6/UN14/SE/2022 tentang Pendaftaran Maba Unud Tahun Akademik (TA) 2022/2023.

“Kami ingin melakukan audiensi bersama perwakilan dan elemen mahasiswa termasuk calon Maba Unud, orangtua calon Maba Unud, yang memang sangat resah atas isu saat ini,” kata Surya Timur dari Fakultas Hukum, Rabu (13/4/2022).

Keresahan pasca munculnya SE No. 6/UN14/SE/2022 tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru Unud TA 2022/2023, masih dirasakan para peserta aksi damai, dimana belum kuat sehingga mereka berharap Rektor Prof. Antara mengeluarkan Surat Keterangan (SK).

“Meski tidak lagi mewajibkan calon Maba Unud untuk membayar asrama atau Udayana Integrated Student Dormitory ini, tapi ini hanya surat edaran bukan surat keterangan (SK). Di mana belum ada kepastian dari Unud sendiri dan solusi kepada kami, bagaimana juga nasib kawan-kawan yang sudah membayar? Maka itu, saat audiensi kami juga melakukan aksi, tujuannya untuk penekanan terhadap Rektor, supaya beliau memberikan klarifikasi kepada calon Maba termasuk orang tuanya,” tegasnya.

Bahkan, ke depannya pembangunan asrama milik Unud dianggap masih perlu ditinjau kembali terkait nominal (biaya) baru ke calon Maba.

Agripa salah satu mahasiswa Fakultas Hukum Unud, dalam aksi damai dimaksud menilai terbitnya SE No. 6/UN14/SE/2022 tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru Unud TA 2022/2023, diduga hanya menjadi peredam sementara.

“Apakah SE ini hanya sebagai peredam sementara? Yang membuat kami mengurungkan niat melakukan aksi hari ini? Ya jelas kami tidak sepakat dan tidak menyetujui itu, kami tetap melakukan aksi,” katanya.

Dia berharap langkah tegas Rektor Unud, untuk menerbitkan SK dapat segera dilakukan demi terciptanya kondusifitas bagi calon Maba dan para orangtuanya, apalagi situasi kini sedang sulit di masa pandemi.

“Kami disini tetap melakukan aksi, meski tadi siang (Rabu siang-red) Rektor mengeluarkan SE, kami rasa SE itu hanya peredam untuk teman-teman yang mau aksi, Rektor cukup mempunyai suatu tekanan di sana. Tapi, ada vektor terkait asrama itu yang sudah dikeluarkan bulan Februari atau Januari 2022 lalu, dimana keputusan Rektor dalam bentuk vektor tersebut tidak sama dengan instrumennya dengan SE tersebut, artinya kami menuntut Rektor untuk membuat vektor baru tentang tidak wajibnya calon Maba untuk masuk atau membayar di asrama itu,” tegasnya.

Sementara itu, Rektor Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU., yang mana sudah menerbitkan SE Nomor 6/UN14/SE/2022 tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru Unud TA 2022/2023, menganulir keputusan sebelumnya atas masukan dan informasi di masyarakat terkait pendaftaran kembali calon Maba Unud, melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan masalah pembangunan Udayana Integrated Student Dormitory.

“Setiap calon Maba Unud angkatan tahun 2022 dapat melakukan pendaftaran ulang tanpa harus mendaftarkan diri untuk bertempat tinggal di Udayana Integrated Student Dormitory dan tidak diwajibkan untuk tinggal di Udayana Integrated Student Dormitory,” terangnya.

Bagi calon Maba yang tetap memilih tinggal di Udayana Integrated Student Dormitory, masih diberikan kesempatan untuk mendaftar melalui sistem.

“Apabila calon Maba Unud telah melakukan pembayaran untuk keperluan bertempat tinggal di Udayana Integrated Student Dormitory dan selanjutnya membatalkan pilihannya untuk tinggal di

Udayana Integrated Student Dormitory, maka pembayaran tersebut akan dikembalikan secara utuh oleh pihak Unud,” pungkasnya. 012


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © Media Bali 2021 | Newsphere by AF themes.