MEDIA19 dot ID

Ajeg Bali untuk Indonesia

Kelola POC Secara Bijak, Kurangi Sampah Limbah dari Rumah Tangga

1 min read

Pengelolaan POC menjadi efisien dan bermanfaat untuk rumah tangga.

DENPASAR, Media19.id- Pengembangan Pupuk Organik Cair (POC) dengan memanfaatkan limbah dapur menjadi peluang potensial kalangan ibu rumah tangga. POC sendiri dalam mengurangi volume limbah, turut juga berperan mengolah sampah berbasis sumber sebagaimana dicanangkan Pemprov Bali.

Dikatakan akademisi Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa (Unwar) Ir. Anak Agung Sagung Putri Risa Andriani, M.Si., bahwa peran ibu rumah tangga tidak saja mengurus kebutuhan keluarga, tetapi dapat membantu mengurangi limbah dimulai dari dapur rumah.

“POC ini bertujuan dalam upaya mengembangkan dan memberdayakan potensi pekarangan rumah, sehingga dapat membantu perekonomian keluarga,” ucapnya, Rabu (11/5/2022).

Diterangkan akademisi Risa Andriani, untuk meningkatkan pemahaman pengolahan limbah dapur menjadi POC, ia pun telah mengadakan penyuluhan dan pendampingan melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM).

PKM yang dilakukan sebelumnya menyasar Kelompok Wanita Tani Kusumadewi berlokasi di Desa Asahduren, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana. Dari proses PKM, masyarakat setempat mendapatkan edukasi pengolahan limbah secara bijak dan memiliki manfaat.

“Selama ini kelompok membeli pupuk organik cair cukup mahal padahal limbah organik yang ada di rumahnya terbuang percuma” imbuh Risa Andriani, sekaligus Ketua Tim Pelaksana PKM yang dibantu anggota tim Ir. Luh Suariani, M.Si  dan Ir. Ni Made Yudiastari, M.Si.

Ke depannya, POC yang dihasilkan mampu lebih dikembangkan dan diberdayakan secara potensial di pekarangan rumah masyarakat. Dari itu pula, hasilnya dapat membantu perekonomian keluarga sekaligus meminimalisir penumpukan sampah limbah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). 012


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © Media Bali 2021 | Newsphere by AF themes.