MEDIA19 dot ID

Ajeg Bali untuk Indonesia

Ritel di Bali Alami Tingkat Pertumbuhan Hingga 0,5 Persen Selama April 2022

1 min read

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali Trisno Nugroho. (IST)

DENPASAR, Media19.id- Perlahan namun pasti tingkat aktivitas ekonomi di Bali mulai bergairah untuk bangkit, hal ini ditunjukkan atas penjualan ritel Bali di bulan April 2022 yang diperkirakan menunjukkan pertumbuhan mencapai sebesar 0,5% (mtm).

Salah satu faktor ekonomi Bali kembali bergairah, karena terkendalinya kasus pandemi Covid-19. Selain itu, tingginya mobilitas masyarakat didukung pelonggaran persyaratan perjalanan dalam negeri di setiap moda transportasi, termasuk di darat, laut, dan udara terhadap pelaku perjalanan yang sudah mendapat vaksinasi lengkap dan booster dibebaskan dari kewajiban tes antigen dan PCR.

“Kenaikan kinerja penjualan ritel di Bali bersumber dari penjualan beberapa kelompok barang peralatan informasi dan komunikasi, serta sandang,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali Trisno Nugroho, Jumat (13/5/2022).

Bagi Trisno, kinerja penjualan ritel di Provinsi Bali tetap kuat dengan peningkatan mobilitas masyarakat dan belakangan ini atas persiapan hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

“Sebab peningkatan pendapatan sejalan dengan adanya pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR), mendorong adanya kenaikan permintaan dari masyarakat,” imbuhnya.

Di dalam perkembangannya, kinerja penjualan eceran di Bali pada April 2022 cukup selaras dengan kondisi di tingkat Nasional. Ia menilai hal dimaksud dilihat atas Indeks Penjualan Riil (IPR) Nasional yang tumbuh sebesar 6,8%, dimana bersumber dari meningkatnya kinerja penjualan eceran makanan, minuman, tembakau, termasuk sandang. 012

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © Media Bali 2021 | Newsphere by AF themes.